Minggu, 19 Mei 2013

Pewarna Alami Makanan


Bahan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan yaitu :
1.Daun Suji, memberikan warna hijau yang menawan karena mengandung klorofil. Agar lebih sempurna campurkan dengan daun pandan yang memberi aroma harum pada makanan. Cara membuatnya bisa ditrumbuk atau diblender,diperas,ambil airnya tambahkan dgn kapur sirih sbgai pengawet, simpan dlm kulkas.


  
2.Secang, tanaman berkayu yang dimanfaatkan batangnya. Cara membuat : batang basah diserut & dikeringkan. kemudian diresbus dalam air dan disaring, baru dicampurkan pd bahan makanan. Kayu secang memberikan warna merah. Bisa didapatkan ditoko/pasar yang menjual bahan2 jamu.


3.Keluak, berbentuk segitiga yang tumpul ujungnya. bagian dalam yang lunak digunakan sebagai bumbu dan pewarna makanan. Trik saat membeli keluak yang cukup tua, guncangkan buah tersebut, jika terdengar isinya berarti sudah cukup tua. Tumbuk kulitnya yg keras,keluarkan isinya yg lunak, haluskan bersama bumbu lain. Agar lebih awet simpan keluak bersama kulitnya.


4.Merang, air abu merang adalah pewarna hitam alami. caranya merang dibakar hingga diperoleh abunya. larutkan dgn 250 ml air,kemudian diamkan hingga abu mengendam&tinggal air hitamya yg jernih.Air dr abu merang ini yg digunakan.

5. Bunga Telang,tumbuh merambat dan berasal dari kuntum bunga. Remas2 5-10 kuntum bunga talang dgn 4-5 sendok makan air, lalu peras.air perasan akan berwarna biru keunguan. Cara lain bisa dengan cara merebus bunga talang kemudian disaring.




6.Buah Bit, buah ini ini mengandung vitamin A (karotenoid), vitamin B1, B2, vitamin C, dan asam folat. Manfaatnya mengobati penyakit hati dan empedu, penghancur sel kanker dan tumor, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, dan membantu produksi sel darah merah. Cara membuat:potong kasar buah bit,beri air secukupna kemudian blender,hasil saringannya berwarna merah sbg warna alami makanan.

7.Buah Kakao,merupakan buah penghasil warna coklat dan penghasil warna cokelat pada makan.









8.Kunyit, mengandung zat warna kurkumin untuk memberi warna kuning pada makanan. biasa digunakan untuk membuat tahu, bumbu bali, atau pewarna pada nasi kuning. bisa diperoleh dengan cara diparut halus, diblender juga boleh kemudian peras dan saring airnya.




9.Cabai Merah, selain memberi rasa pedas, juga menghasilkan zat warna kapxantin yang menjadikan warna merah pada makanan. bisa diperoleh dgn cara ditumbuk dengan kehalusan sesuai selera, kemudian campurkan pada bahan makanan. bisa diperoleh dgn cara ditumbuk dengan kehalusan sesuai selera, kemudian campurkan pada bahan makanan.



10.Wortel, beta-karoten pada wortel menghasilkan warna kuning. Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker, terutama kanker paru2, kanker tenggorokan, kerongkongan, prostat, kandung kemih, dan leher rahim.







11.Gula Merah, selain sebagai pemanis makan gula merah juga berfungsi pemberi warna cokelat pada makan.







 Sumber: http://donsimply.com/PEWARNA-ALAMI-MAKANAN/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.